11 Mei 2013

Suatu hari di sebuah acara pertemuan, tiba-tiba ada seorang biarawati (agama Buddha) menghampiri saya. Sambil tersenyum lembut menyapa, “Bu Lenny, tolong sampaikan ucapan terima kasih saya kepada Pak Andrie. Saya bisa menjadi seperti ini karena Pak Andrie lho.”

“Ooooo…begitu ya. Baik, saya akan sampaikan ke bapak. Tapi, bapak ada di belakang lho, kalau mau menyampaikan secara langsung, silakan,” balas saya dengan senang hati sambil melirik ke barisan di belakang.

Dan benar saja, kemudian saya melihat sang biarawati dan Pak Andrie sedang bersapa di belakang sana. Dan saya tidak menemukan jawabannya ketika Pak Andrie menanyakan ke saya, “Memangnya apa yang telah aku bantu ya, kok baru aja ada biarawati says thank you?”

Selang beberapa minggu, kebetulan saya berjumpa lagi dengan biarawati tersebut. Dia pun berkisah: “Awalnya saya ragu dan bingung mengambil keputusan untuk menjadi seorang biarawati. Walaupun keinginan itu sudah sejak lama, tetapi selalu saja banyak pertimbangan yang membuat saya tidak berani mengambil keputusan.

Suatu hari, saya ikut seminar Pak Andrie. Ada sebuah cerita dan kalimat yang mendorong dan membulatkan tekad untuk memutuskan. Kata-katanya begini, Bu, 'Tidak ada jalan rata untuk sukses! Kita yang harus menjadi bulldozer untuk meratakan jalan dan meraih sukses!' Tiba-tiba saya seperti mendapat pencerahan. Cling gitu. Apa pun halangan, keraguan, dan pertimbangan, sayalah yang harus meratakan, menjadi bulldozer. Duuuh… rasanya plong Bu. Ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan, semua tergantung saya."

Akhirnya sekarang saya bahagia sekali. Inilah kehidupan yang saya inginkan: berlatih hidup suci dan melayani sesama tanpa sekat. Sungguh saya sangat bersyukur. Kalau tidak ketemu Pak Andrie waktu itu, mungkin ceritanya akan berbeda sekarang ini,” jelasnya dengan rona wajah yang penuh welas asih dan bahagia.

Netter yang berbahagia, masing-masing dari kita sesungguhnya memiliki potensi dan kebaikan hati yang bisa kita bagikan kepada diri sendiri maupun sesama. Semua kembali kepada keputusan dan pilihan kita, kapan akan melakukannya.

Oneng Online . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates