28 Maret 2013



Voltmeter adalah alat yang paling banyak di gunakan untuk mengukur besarnya tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Untuk menggunakan Voltmeter dengan meletakan kabel yang ada pada ujung-ujung komponen elektronika yang aktif, seperti kapasitor aktif, resistor aktif, dioda aktif, transistor aktif, trafo aktif dan komponen aktif lainnya.

Komponen untuk membuat alat voltmeter di susun secara paralel dan letak komponennya sudah di ukur dalam rangkaian. Alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah bakelite yang dirangkai dalam sebuah tabung kaca atau plastik. Lempengan luar berperan sebagai anode sedangkan yang di tengah sebagai katode. Umumnya tabung tersebut berukuran 15 x 10cm (tinggi x diameter).

Berikut ini kami tampilkan gambar voltmeter :



Voltmeter juga bisa di gunakan untuk mengukur beda potensial suatu sumber tegangan, seperti baterai, catu daya, aki dan sumber tegangan lainnya. Voltmeter dapat dibuat dari sebuah galvanometer dan sebuah hambatan eksternal Rx yang dipasang seri. Adapun tujuan pemasangan hambatan Rx ini tidak lain adalah untuk meningkatkan batas ukur galvanometer, sehingga dapat digunakan untuk mengukur tegangan yang lebih besar dari nilai standarnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai Voltmeter, semoga artikel kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan artikel ini. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Alarm Dummy.

Oneng Online . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates