Lowongan CPNS Bakorkamla Tahun 2013
Formasi Rekrutmen
- Kode 001 | Analis Intelijen Kamla | S2 Kajian Ketahanan Nasional | 1 Orang
- Kode 002 | Perencana Pengembangan SDM | S2 Manajemen | 1 Orang
- Kode 003 | Perencana Pengembangan Karir | S2 Administrasi Publik | 1 Orang
- Kode 004 | Pengendali Materi Berharga Bawah Laut | S1 Arkeolog | 1 Orang
- Kode 005 | Analis Hukum | S1 Ilmu Hukum | 2 Orang
- Kode 006 | Analis Potensi Klorofil di Laut | S1 Pertanian | 1 Orang
- Kode 007 | Pengendali Jaringan Sistem Satelit | S1 Sistem Informasi / Teknik Informatika | 3 Orang
- Kode 008 | Analis Keamanan Laut | S1 Teknik Industri | 1 Orang
- Kode 009 | Pengelola Pembinaan SOM Bidang Agama | S1 Hukum Islam | 1 Orang
- Kode 010 | Penyusun Laporan dan Evaluasi Kegiatan | S1 Manajemen | 3 Orang
- Kode 011 | Penyusun Laporan Kerja Sama | S1 Ilmu Administrasi Negara | 1 Orang
- Kode 012 | Perencanaan Anggaran | S1 Akuntasi | 1 Orang
- Kode 013 | Penyiap Bahan Rencana Operasi | S1 Sosiologi | 1 Orang
- Kode 014 | Pranata Humas Pertama | S1 Ilmu Komunikasi | 1 Orang
- Kode 015 | Analis Kepegawaian | S1 Psikologi | 1 Orang
- Kode 016 | Penterjemah | S1 Sastra Inggris | 1 Orang
- Kode 017 | Pranata Humas | S1 I D Ilmu Komunikasi | 5 Orang
- Kode 018 | Pengolah Data Telekomunikasi | D3 Teknik Telekomunikasi | 1 Orang
- Kode 019 | Pengelolaan Data Kebijakan Teknik Transportasi Laut | D3 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga | 1 Orang
- Kode 020 | Penghubung Pers, Media Massa dan Lembaga Negara | D3 Ilmu Komunikasi | 1 Orang
- Kode 021 | Teknisi Listrik | D3 Teknik Listrik / Teknik Elektronika | 1 Orang
- Kode 022 | Operator Data Kepegawaian | D3 Manajemen Informatika | 1 Orang
- Kode 023 | Operator Komunikasi | SMK Teknik Informatika | 1 Orang
- Kode 024 | Pengadministrasian Umum | SLTA Sederajat + Sertifikat Komputer | 4 Orang
Awak Kapal Patroli KAMLA 48 M dan 12 M
- Kode AK01 | Analis Instrumentasi dan Kontrol Kapal pada Kapal Patroli 48 M | S1 Fisika | 1 Orang
- Kode AK02 | Analis Teknik Pencemaran Laut pada Kapal Patroli 48 M | S1 Kimia | 1 Orang
- Kode AK03 | Bosun pada Awak Kapal Patroli 48 M | D3 Pelayaran / Nautika | 1 Orang
- Kode AK04 | Kasapdek pada Kapal Patroli 48 M | SMK Pelayaran / Teknika | 1 Orang
- Kode AK05 | Juru Mudi pada Kapal Rigit / Infantble Boat (RIB) | SMK Pelayaran / Nautika | 1 Orang
- Kode AK06 | Juru Mesin pada Kapal Patroli 12 M | SMK Mesin / Otomotif | 2 Orang
- Kode AK07 | Juru Listrik pada Kapal Patroli 12 M | SMK Listrik | 1 Orang
- Kode AK08 | Kerani pada Kapal Patroli 48 M | SMK Akuntansi | 1 Orang
- Kode AK09 | Kelasi pada Kapal Patroli 48 M | SLTA Sederajat + Sertifikat Penyelam | 4 Orang
- Kode AK10 | Kelasi pada Kapal Patroli 12 M | SLTA Sederajat + Sertifikat Penyelam | 8 Orang
- Kode AK11 | Penyelam pada Kapal Patroli 48 M | SLTA Sederajat + Sertifikat Penyelam | 4 Orang
- Kode AK12 | Olier pada Kapal Patroli 48 M | SMK Mesin / Otomotif | 3 Orang
- Total: 62 Orang
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia;
- Berusia serendah - rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi - tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun terhitung mulai tanggal (T.M.T) 1 Desember 2013 dan atau 40 (empat puluh tahun) per 1 Desember 2013 bagi yang bekerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan Nasional paling kurang 5 (lima) tahun pada 17 April 2002.
- Tidak berstatus sebagai CPNS / PNS / Anggota TNI / Polri;
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS anggota TNI / Polri maupun sebagai pegawai swasta;
- Tidak sedang dalam kedudukan sebagai pengurus / anggota parpol;
- Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan;
- Tidak terlibat dengan obat - obat terlarang baik sebagai pengguna atau pengedar;
- Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
- Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar / pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Persyaratan Administrasi
- Pas foto ukuran 3x4 berwarna berlatar belakang merah;
- Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Foto copy Ijazah dan transkrip nilai akademik terakhir yang telah dilegalisir basah oleh Instansi yang berwewenang*;
- Foto copy Surat Keterangan Pencari Kerja (Kartu Kuning) dari Disnakertrans yang telah dilegalisir;
- Foto copy Surat Keterangan Catatan K~polisian (SKCK) dari Polres yang telah dilegalisir;
- Foto copy Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Dokter;
- Bagi yang berusia lebih dari 35 tahun sampai dengan 40 tahun dan mempunyai masa pengabdian pada instansi pemerintah / lembaga swasta yang berbadan hukum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002, harus melampirkan fotocopy sah surat keputusan / bukti pengangkatan pertama sampai dengan terakhir.
Mekanisme Penerimaan
- Penerimaan CPNS Bakorkamla Tahun 2013 dan seleksi administrasi menggunakan sistem online melalui yang tercantum dobawah pengumuman ini.
- Setiap tahapan seleksi menggunakan sistem gugur dan dibenarkan hanya melamar 1 (satu) jenis formasi jabatan saja;
- Pelaksanaan ujian penerimaan CPNS Bakorkamla Tahun 2013 dilaksanakan di Jakarta.
Materi Ujian
Tahap I
Tes Kompetensi Dasar (TKD) terdiri dari:
- Wawasan Kebangsaan;
- Intelegensi Umum;
- Karakteristik Pribadi;
Tahap II
Tes Kompetensi Bidang (TKB) terdiri dari:
- Renang yang meliputi Kecepatan dan Jarak Tempuh (Pria jarak = 50 M dan Wanita jarak = 25 M);
- Psikotes yang meliputi Potensi Kerja, Stabilitas dan Penyesuaian Diri.
- Pelaksanaan Tes Narkoba (bagi yang dinyatakan lulus sebagai CPNS) yang meliputi Tes Darah dan Tes Urine.
Keterangan Formasi
- Khusus untuk formasi jabatan dalam kode AK (Awak Kapal) diperuntukan berjenis kelamin Pria.
Pengumuman Hasil Ujian.
- Hasil e-rekrutmen serta seleksi administrasi online melalui website Bakorkamla dapat dilihat oleh peserta di website yang tercantum dibawah pengumuman ini.
- Peserta yang memenuhi persyaratan administrasi online (memperoleh
tanda peserta e-rekrutmen CPNS BAKORKAMLA yang dicetak sendiri oleh
pelamar) dapat mengikuti Tes Tahap I yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Keterangan
- Pejabat yang berwenang mengesahkan foto copy ijazah / STTB bagi SMU, SMK dan yang setingkat yang mengeluarkan dan menandatangani ijazah
- asli adalah sekolah yang bersangkutan dan yang mengesahkan Kepala Sekolah yang bersangkutan, Kepala / Kabid atau yang setingkat pada dinas pendidikan Kabupaten / Kota.
- PTN dan PTS terakreditasi yang mengeluarkan dan menandatangani ijazah asli adalah PTN, PTS yang bersangkutan dan yang mengesahkan Dekan / Ketua / Direktur / Pembantu Dekan Bidang Akademis
Website Pendaftaran | Website Bakorkamla